Wakapolri Agus Andrianto Ungkap Tantangan Keamanan di 2024

Semuasenin – Wakil Kapolri (Wakapolri) Komjen Agus Andrianto mengungkapkan aneka tantangan keamanan di 2024. Tantangan tersebut mulai dari dalam hingga luar negeri.

“Pertama, perkembangan geopolitik, ekonomi, dan keamanan global serta perang Rusia dan Ukraina menimbulkan situasi yang penuh dengan ketidakpastian,” kata Agus dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Senin (4/9).

Agus mengatakan tantangan keamanan kedua ialah potensi memburuknya ekonomi global. Kemudian kerawanan pelaku kejahatan konvensional, transnasional, dan merugikan kekayaan negara.

“Serta kejahatan berdimensi baru dan kejahatan terhadap kelompok rentan,” papar jenderal bintang tiga itu.

Agus menyebut tantangan selanjutnya, yakni pengamanan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Termasuk, pengamanan unjuk rasa di 2024.

Baca juga:  Rivan A. Purwantono: 4 Penghargaan GRC Award Adalah Hasil Kontribusi Seluruh Insan Jasa Raharja

“Selain itu pengamanan pembangunan dan perpindahan ke IKN (Ibu Kota Nusantara), potensi terjadinya bencana alam dan nonalam, serta segregasi masyarakat, konflik SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), serta konflik sosial,” ujar dia.

Tantangan lainnya ialah isu korupsi, pelanggaran hak asasi manusia (HAM), deforestasi, kejahatan lingkungan, dan kasus lahan. Lalu penanganan kelompok teroris di Indonesia.

“Lain-lainnya potensi masalah kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) dan transportasi umum serta pengamanan jalur-jalur perbatasan dan pulau-pulau terluar,” jelas Agus.

Agus menuturkan masalah terakhir ialah rendahnya kesadaran hukum masyarakat. Sebab, hal tersebut berpotensi menimbulkan pelanggaran hukum.(*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top