Mantap Tawwa, Universitas Wallacea Sukses Gelar PKKMB 2023

Semuasenin –Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Wallacea Tahun 2023 telah berakhir dengan sukses pada Kamis, 14 September 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi oleh materi-materi yang berguna bagi mahasiswa baru dalam mengejar impian mereka dan semuanya tentu saja dimulai dari Universitas Wallacea.

Khusus hari ketiga, mahasiswa baru menerima materi dari Ketua Program Studi S1 Keperawatan yang disampaikan oleh Ns. I Kadek Dwi Suarjana, M. Kep. , juga oleh Ketua Program Studi D3- Farmasi yakni Nini Sahrianti S., S. Farm., M. Biomed, Ketua Program Studi D3 Kebidanan yakni Tenny Tarnoto, S. ST, M. keb., dan juga diisi oleh Ketua Program Studi S1 Sistem Informatika dan Prodi S1 Teknik Informatika Sukriadi, S. Kom, M. Kom.

Ketua program studi se-Universitas Wallacea tersebut, lebih menekankan kepada pengenalan akademik dari masing-masing program studi. Mahasiswa baru diharapkan dapat mengenali lebih detail dari masing-masing program studi yang akan ditempuh oleh mahasiswa demi kelancaran pelaksanaan perkuliahan kedepannya.

Baca juga:  FISIP Juara! FISIP Berbangga!

Setelahnya, pada materi kedua tentang “Tips Sukses Kuliah” diberikan langsung oleh Muhammad Iffan Hannanu, B. Sc. M. Sc. Ph. D.  Ia merupakan alumni program Studi Doktor (Ph.D) di Norwegian University of Science and technology dan merupakan salah satu mahasiswa yang sukses pada masanya. Pengalaman semasa kuliahnya tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa baru Universitas Wallacea.

Selain itu pelaksanaan PKKMB hari terakhir ini juga diisi dengan materi “Motivasi Semangat Kuliah” yang disampaikan via daring oleh Muhammad Istiyansyah Ulman Idris, SE., M. Sc., CRA. Ia menyelesaikan pendidikan S2-nya di Newcastle University.

Panitia PKKMB Universitas Wallacea sepertinya mempersiapkan pemateri dari kalangan anak muda yang sukses studi di dalam dan luar negeri. Ini terlihat dari keseriusan panitia untuk menghadirkan pemateri yang sukses dalam pendidikan di usia muda. Kehadiran pemateri tersebut mampu memberi motivasi semangat kuliah sekaligus menjadi bekal bagi mahasiwa baru untuk berproses dengan baik dan rajin belajar dalam  mengejar prestasi.

Baca juga:  Jasa Raharja Proaktif Jemput Bola Berkas Ahli Waris Korban Lakalantas Meninggal Dunia

Selain itu, para mahasiswa diberikan pengenalan terkait organisasi internal kampus Universitas Wallacea yaitu; Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan yang terdiri dari HIMAKEP, HIMAFA, IKMABI, HIMATISI, Pusat informasi dan Konseling Mahasiswa (PIKM-HEART), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan PMK yang  diharapkan dapat membangun regenerasi kepemimpinan untuk seluruh organisasi internal mahasiswa dan agar dapat eksis dalam prestasi serta dapat  bermanfaat bagi masyarakat.

Selain materi diatas, terdapat materi penting dan berguna bagi peserta PKKMB yaitu “Kesadaran Lingkungan Sehat dan Peran Mahasiswa Terhadap Pencegahan Stunting” yang disampaikan  langsung oleh dr. Indahwati Nursyamsi., M,Kes.

Materi ini sangat penting mengingat saat ini Provinsi Sulawesi Barat dan khususnya Kabupaten Mamuju sedang mengalami peningkatan penderita Stunting sehingga diharapkan para mahasiswa Universitas Wallacea dapat turut andil dan memberikan konstribusi terbaik dalam pencegahan dan penanganan stunting melalui pendampingan langsung.

Baca juga:  Pelajar di Kota Banjar Lakukan Wisata Edukasi di Lapas Banjar

Panitia melalui rilisnya, menyampaikan bahwa ketua program studi se-Universitas Wallacea sedang menggagas keluarga binaan yang langsung didampingi oleh kelompok mahasiswa Universitas Wallacea. Output dari program tersebut adalah agar perilaku masyarakat dapat berubah khususnya mengenai stunting dan pernikahan dini yang sedang hangat dan menjadi isu terkini di Sulawesi Barat.

Pada akhir kegiatan pelaksanaan PKKMB, Prof. Dr. Elly Wahyudi, DEA., Apt. yang merupakan pengurus Yayasan Pendidikan Andini Persada, dan juga mantan Dekan Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin turut memberikan semangat kepada para mahasiswa baru untuk dapat terus meningkatkan prestasi dan lebih bersemangat dalam menempuh pendidikan di Universitas Wallacea.(*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top