KPU Sinjai Diduga Salah Menetapkan DPT

Semuasenin – Penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU Kabupaten Sinjai diduga salah didalam menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Sinjai. Ini terjadi khususnya di Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai.

Mifta Fajri, Pemerhati Penyelenggara Pemilu menyebut, dirinya menemukan data ganda beda NIK, pemilih lintas kelurahan, dan pemilih lintas kabupaten. Selain itu, ia menemukan beberapa DPT yang tidak masuk namanya dalam DPT berbentuk hardcopy dan Pdf yang sudah ditetapkan oleh KPU Sinjai pada tanggal 21 Juni 2023 lalu. Anehnya menurut Mifta, nomor identitas yang ia pegang tetap terdaftar pada sistem KPU online.

Hampir sama juga diduga terjadi di Kecamatan Sinjai Utara. Mifta mengaku menemukan nama di DPT pada hardisk dan pdf yang disebar oleh KPU Kabupaten Sinjai, akan tetapi nomor identitasnya tidak terdaftar pada Sistem Cek DPT Online.

Baca juga:  RI- Korea Selatan Dukung Investasi Kawasan Industri Ramah Lingkungan

Bagi Mifta, hal ini sangat mempengaruhi pada saat rekapitulasi nantinya.

“Jika tidak diperbaiki oleh KPU Sinjai, maka pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan undangan (C6) dan dapat pula menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan KTP. Namun, semestinya hal ini tidak terjadi. Harusnya ada perlakuan yang sama bagi calon pemilih,” Ungkapnya, Rabu, (13/9).

Selain itu, Mifta menaruh kekecewaan terhadap kinerja KPU Kabupaten Sinjai. Bagi Mifta, KPU Sinjai selama ini jauh dari harapan sebagai penyelenggara pemilu.

“Carut marutnya DPT yang disajikan oleh KPU Sinjai menunjukkan kinerja mereka yang tidak serius, tidak kompeten, dan asal cepat dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu.” Tutupnya.

Baca juga:  Kapolsek Bontoala Tancap Gas dengan Laksanakan Jumat Curhat Bersama Pengurus Mesjid Al-Markaz

Sekedar diketahui, KPU Kabupaten Sinjai telah menetapkan jumlah DPT Kabupaten Sinjai sebanyak 196.181. Berikut rinciannya:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top